Bupati Canangkan PHBS Untuk Indramayu Sehat 2015

 

            SINDANG 26/11/2013 – Bupati Indramayu mencanangkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk Indramayu Sehat 2015. Pencanangan tersebut bersamaan dengan puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Indramayu yang berlangsung di halaman GOR Singalidra Sindang, Selasa (26/11).

Bupati menegaskan, Gerakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat  harus terus dilaksanakan dengan memperhatikan status kesehatan anak dalam kehidupan sehari-hari dengan langkah yakni memantapkan kesehatan akan sebagai prioritas utama dalam kehidupan, mengembangkan kemampuan keluarga, orang tua, dan wali anak dalam memenuhi hak-hak anak untuk menjadi sehat. Kemudian menggerakkan berbagai potensi masyarakat dalam mendukung upaya peningkatan derajat kesehatan anak.

Langkah selanjutnya yakni meningkatkan derajat kesehatan anak melalui berbagai lintas sektor terkait. Mengembangkan pelayanan kesehatan fisik, mental, dan sosial anak yang berkualitas dan tersedia secara merata, adil, dan terjangkau, dan meningkatkan lingkungan fisik, mental, dan sosial yang sehat bagi anak.

Bupati menambahkan, harapan gambaran anak Indonesia di masa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan anak adalah setiap anak Indonesia hidup dalam keluarga, masyarakat, dan lingkungan yang sehat dan berperilaku hidup sehat, memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan komprehensif yang bermutu dan merata, sehingga memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Untuk memenuhi harapan gambaran masa depan anak yang memiliki kualitas, dicirikan dengan tingkat kesehatan dan kecerdasan yang tinggi salah satunya ditentukan oleh konsumsi makanan sehari-hari yang dipilih dengan formulasi status gizi yang diberikan sesuai dengan ukuran tingkat kebutuhan.

"Hal ini harus menjadi perhatian secara khusus bagi para orang tua dan keluarga terhadap pengaruh makanan yang berkualitas dalam status gizi anak, dimulai dari bayi masih dalam kandungan hingga umur balita. Dengan status gizi baik diperoleh dari zat-zat gizi yang cukup dan digunakan secara efisien akan mempengaruhi pertumbuhan fisik, perkembangan otak dan kemampuan kerja motorik yang tinggi," tegas bupati.

Pada pencanangan PHBS tersebut diawali dengan gerakan makan ikan, sikat gigi dan cuci tangan pakai sabun yang dilakukan oleh dokter kecil. Diramaikan pula dengan penampilan group musik nasyid Debu dari Jakarta.  Turut hadir pada puncak HKN tersebut kader Posyandu seluruh Indramayu, para pensiunan Dinas Kesehatan dan para penggiat kesehatan lainnya. (deni/humasindramayu).

Lebih baru Lebih lama