Rabu, 21 Desember 2011

Sambutan Bupati Indramayu Pada Peringatan Hari Ibu Tahun 2011

Bupati Indramayu
SAMBUTAN
PADA UPACARA PERINGATAN HARI IBU KE-83,
HUT DHARMA WANITA PERSATUAN KE-12 DAN PENCANANGAN BULAN PEMERIKSAAN IBU HAMIL TAHUN 2011
TINGKAT KAB. INDRAMAYU

KAMIS, 22 DESEMBER 2011
PUKUL 07.30 WIB
DI ALUN-ALUN KAB. INDRAMAYU
BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM,
ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
MENGAWALI SAMBUTAN INI, SEJENAK MARILAH KITA MENUNDUKKAN KEPALA SERAYA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT YANG TELAH MELIMPAHKAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, SEHINGGA PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI KITA DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI IBU KE-83, HARI ULANG TAHUN DHARMA WANITA PERSATUAN KE-12 DAN PENCANANGAN BULAN PEMERIKSAAN IBU HAMIL TAHUN 2011 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAY, DAN HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL.
DIGABUNGKANNYA PELAKSANAAN BEBERAPA PERINGATAN ITU TIDAK LAIN SEBAGAI EFISIENSI TANPA BERMAKSUD MENGESAMPINGKAN ATAU MENGURANGI MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM MASING-MASING PERINGATAN TERSEBUT.
PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA;
TEMA PERINGATAN HARI IBU KE-83 TAHUN 2011 KALI INI ADALAH " PERAN PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DALAM MEMBANGUN KETAHANAN EKONOMI MENUJU KESEJAHERAAN BANGSA ". TEMA INI DIHARAPKAN DAPAT MENINGKATKAN DAN MENYEGARKAN ASPIRASI MASYARAKAT  BAHWA KETERLIBATAN PEREMPUAN DI BUMI NUSANTARA MENGIRINGI KEBANGKITAN NASIONAL PADA TAHUN 1908, SEHINGGA PEREMPUAN PADA MASA LALU DAN MASA KINI TIDAK DAPAT DIABAIKAN BEGITU SAJA. KAUM PEREMPUAN INDONESIA BERSAMA-SAMA KAUM LAKI-LAKI MERUPAKAN BAGIAN YANG TIDAK TERPISAHKAN DARI WARGA NEGARA, DAN SEBAGAI PEJUANG BANGSA DALAM MENEGAKAN DAN MENGISI KEMERDEKAAN SERTA MEMBANGUN BANGSA SECARA MENYELURUH SESUAI DENGAN KODRAT DAN KEMAMPUANNYA.

PERAN PEREMPUAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KETAHANAN EKONOMI MENUJU KESEJAHTERAAN  BANGSA ADALAH DENGAN :
- MENGEMBANGKAN INDUSTRI PERUMAHAN SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN DAN PENCIPTAAN LAPANGAN KERJA;
- MENGEMBANGKAN INDUSTRI PERUMAHAN MEMBANGUN PEREKONOMIAN KELUARGA DAN MENINGKATKAN KUALITAS HUDUP MASYARAKAT;
- UPAYA KEMITRAAN PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DALAM MEMBANGUN EKONOMI KELUARGA;
- MENINGKATKAN KESEHATAN KELUARGA MENUNJANG PEMBERDAYAAN EKONOMI RUMAH TANGGA;
- MENINGKATKAN PERAN PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MENUNJANG PEMBANGUNAN KOMUNITAS ASEAN.
PUNCAK PERINGATAN HARI IBU  KE- 83 INI DIHARAPKAN DAPAT MEMOTIVASI PEREMPUAN INDONESIA BAIK SECARA KELOMPOK MAUPUN INDIVIDU UNTUK BERPARTISIPASI AKTIF MEMBANGUN BANGSA DI BERBAGAI  SEKTOR.
UNTUK MEWUJUDKAN ITU SEMUA, MUSTAHIL APABILA PEMERINTAH DAPAT MELAKUKANNYA SENDIRIAN. UNTUK ITU MELALUI SEMANGAT HARI IBU KALI INI, SAYA INGIN MENGAJAK  SEMUA KOMPONEN MASYARAKAT UNTUK MERAPATKAN BARISAN DAN MENYATUKAN TEKAD SERTA SEMANGAT BERSAMA.  KAUM  PEREMPUAN BERSAMA-SAMA DENGAN KAUM LAKI-LAKI DALAM SELURUH ELEMEN MASYARAKAT HARUS MENUMBUHKAN KOMITMEN DAN KERJASAMA, TANPA ADANYA KERJASAMA DAN KOMITMEN YANG KUAT, TIDAK MUNGKIN KITA DAPAT MEWUJUDKAN KETAHANAN EKONOMI MENUJU KESEJATERAAN BANGSA.
PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA;
PADA KESEMPATAN INI PULA,  DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN    DHARMA WANITA PERSATUAN KE-12 TAHUN 2011. SEMOGA DI USIANYA YANG KE-12 INI, DHARMA WANITA PERSATUAN SEMAKIN MEMANTAPKAN DERAP LANGKAHNYA DALAM MEMAJUKAN PERANAN KAUM PEREMPUAN      DI KABUPATEN INDRAMAYU MELALUI BERBAGAI PROGRAM DAN KEGIATAN YANG TENTUNYA BERMANFAAT BAGI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SELURUH MASYARAKAT INDRAMAYU.
PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA;
DALAM PENCANANGAN BULAN PEMERIKSAAN IBU HAMIL TAHUN 2011 INI JUGA AKAN DIADAKAN PEMERIKSAAN IBU HAMIL DIMANA PESERTANYA ADALAH 1 (SATU) ORANG IBU HAMIL/ PERDESA DARI EKS KAWEDANAN INDRAMAYU, YANG TIDAK LAIN BERTUJUAN UNTUK MENUMBUHKAN PEDULI AKAN KESEHATAN IBU DAN ANAK SEHINGGA DAPAT MENGURANGI RESIKO PERSALINAN   DAN TERPENUHINYA KESEHATAN IBU DAN ANAK.
MUDAH-MUDAHAN KITA SEMUA TERCATAT MENJADI ORANG-ORANG YANG SENANTIASA CINTA DAN PEDULI TERHADAP PARA IBU, UNTUK ITU DALAM MOMEN YANG SANGAT TEPAT INI DICANANGKAN " GERAKAN SAYANG IBU " MELALUI BULAN PEMERIKSAAN IBU HAMIL.
MARI KITA JADIKAN MOMENTUM PERINGATAN HARI IBU KE-83, HARI ULANG TAHUN DHARMA WANITA PERSATUAN KE-12 DAN PENCANANGAN BULAN PEMERIKSAAN IBU HAMIL TAHUN 2011 , SEBAGAI MEDIA UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT KITA DALAM UPAYA MELANJUTKAN VISI INDRAMAYU REMAJA MENUJU TATANAN MASYARAKAT INDRAMAYU YANG SEMAKIN RELIGIUS, MAJU, MANDIRI, DAN SEJAHTERA.
DEMIKIAN BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN INI, SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK DAN MENCURAHKAN RAHMAT SERTA KARUNIA-NYA KEPADA KITA SEMUA. SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

BILLAHITTAUFIQ WALHIDAYAH,
WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.

BUPATI INDRAMAYU

Hj. ANNA SHOPANAH