Rabu, 07 Desember 2011

Bupati Sumbang Beras 1,8 Ton Bagi Korban Banjir Rob

KANDANGHAUR 6/12/2011 (www.humasindramayu.com) – Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah Selasa (6/12) sore memberikan bantuan beras sebanyak 1,8 ton  untuk masyarakat Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur yang rumahnya terkena banjir rob. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Kuwu Eretan Kulan Delut Amin untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat.

 

Sebanyak 849 rumah yang berada di Blok Ki Buyut Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur pada 3-5 Desember yang lalu terkena musibah banjir rob. Banjir rob ini terjadi karena pasangnya air laut dan aliran air dari sungai sangat besar sehingga masuk ke rumah-rumah warga.

 

Camat Kandanghaur Mismaka kepada humasindramayu.com mengatakan, banjir rob tersebut mula-mula terjadi pada pukul 03.00 dan terus membesar hingga pukul 05.00. kemudian pada pukul 10.00 banjir kembali surut dan kejadian ini terus terulang selama 3 hari.

 

"Akibat kejadian itu, ratusan rumah dan faslitas umum lainnya terendam air diantaranya 2 bangunan SD, 2 mushola, 1 masjid, dan 1 madrasah." Kata Mismaka.

 

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah pada kesempatan itu mengatakan, perumahan di Desa Eretan Kulon yang sebagian besar masyarakatnya nelayan akan dijadikan percontohan oleh Kementrian Perikanan dan Kelautan dengan ditata sedemikan rupa dengan memperhatikan aspek kesehatan dan lingkungan. Sehingga kedepan banjir rob yang selalu terjadi berkali-kali bisa dihindari.

 

Bantuan yang diberikan tersebut diharapkan bisa mengurangi sedikit penderitaan bagi warga yang terkena musibah. Namun demikian meskipun kondisi air sudah surut, diharapkan warga masyarakat harus tetap waspada terhadap situasi yang mungkin bisa cepat berubah. (deni/www.humasindramayu.com)