Bina Marga Siapkan 160 Miliar untuk Rehab Jalan

INDRAMAYU 16/12/2011 (www.humasindramayu.com) - Pemerintah Kabupaten Indramayu mengalokasikan anggaran Rp 160 miliar untuk menuntaskan masalah kerusakan berat jalan yang mencapai 46 km. Dana yang berasal dari pemerintah pusat dan provinsi itu dialokasikan untuk perbaikan jalan pada tahun 2012 mendatang.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Indramayu H. Soen Soedjarwo, ST pada apel Jum'at pagi (16/12) di alun-alun Indramayu mengatakan, dana untuk perbaikan jalan sebanyak Rp 160 miliar tersebut berasal dari dana Anggaran Penerimaan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 100 miliar dan Anggaran Penerimaan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 60 miliar. "Dana tersebut terutama dialokasikan untuk perbaikan perbaikan jalan rusak, itu prioritas kami," ujarnya.

Diungkapkan Soen,  dari total panjang jalan 806 km, jalan rusak berat berat di Indramayu mencapai 46 kilometer, sementara itu jalan rusak dengan kategori ringan sepanjang 172 kilometer, dan 203 kilometer dalam kategori sedang. Sisanya, 381 kilometer dalam kondisi baik.

"Kerusakan jalan yang cukup parah tersebar di sejumlah Kecamatan seperti Kecamatan Patrol, Haurgeulis, Sukagumiwang, Anjatan, Bangodua, Lelea, Gantar, dan Cikedung," ungkapnya.

Dinas Bina Marga melakukan empat program perawatan jalan yakni program peningkatan, rehabilitasi, periodik, dan pemeliharaan rutin. Untuk tahun 2011 ini, program periodik tidak berjalan karena tidak ada dana alokasi khusus (DAK). Sementara itu, perbaikan jalan sudah dilakukan di sejumlah ruas jalan utama ataupun perdesaan.

Soen menambahkan, kerusakan jalan kabupaten lebih dominan disebabkan karena wilayah Indramayu merupakan daerah dataran rendah yang sering mengalami banjir. Kondisi ini semakin diperparah dengan buruknya sistem drainase sehingga air yang menggenang di jalan tidak cepat terbuang. Selain itu juga kendaraan yang melintasinya sering melebihi kemampuan jalan tersebut.

Anggaran perbaikan jalan pada tahun 2012, diharapkan dapat mengurangi angka kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Indramayu. Perbaikan jalan sangat penting untuk aktivitas ekonomi masyarakat mengingat kerusakan jalan menjadi keluhan rutin warga. Selama ini, kerusakan jalan menganggu transportasi dan perekonomian masyarakat, terutama di wilayah perdesaan. (deni/www.humasindramayu.com)

 

Lebih baru Lebih lama