Rabu, 09 November 2011

Sambutan Hari Pahlawan 10 Nopember 2011 Tahun 2011

AMANAT
MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA
PADA UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN
10 NOPEMBER 2011

KAMIS, 10 NOPEMBER 2011
PUKUL 07.30 WIB
DI ALUN-ALUN KAB. INDRAMAYU
ASSALAMU'ALAIKUM  WR. WB.

SALAM  SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA,
SAUDARA-SAUDARA PARA PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,
PUJI DAN SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN PERKENAN-NYA, PADA HARI INI KITA DAPAT MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN, SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PENGHARGAAN ATAS JASA DAN PENGORBANAN PARA PAHLAWAN DAN PEJUANG PENDAHULU KITA.
PERTEMPURAN 10 NOPEMBER 1945 DI SURABAYA MERUPAKAN PERISTIWA HEROIK, KARENA MEMERLUKAN PENGORBANAN LUAR BIASA DARI PARA PENDAHULU KITA, BAIK JIWA, RAGA, MAUPUN HARTA, DALAM MEREBUT     DAN MEMPERTAHANKAN REPUBLIK INDONESIA, YANG KEMUDIAN PERISTIWA TERSEBUT DIPERINGATI SEBAGAI HARI PAHLAWAN.
OLEH KARENA ITU, HARI PAHLAWAN SEPERTI YANG KITA PERINGATI PADA HARI INI, DI SAMPING UNTUK MENGENANG DAN MENGHARGAI JASA SERTA PENGORBANAN PARA PAHLAWAN DAN PEJUANG YANG TELAH MENDAHULUI KITA, JUGA DILAKSANAKAN UNTUK MENUMBUH-KEMBANGKAN     NILAI KEPAHLAWANAN SEBAGAI MODAL SOSIAL, UNTUK KEMUDIAN MENGIMPLEMENTASIKAN DAN MENDAYAGUNAKANNYA DALAM MENGATASI BERBAGAI MASALAH BANGSA, SEPERTI KEMISKINAN, PENGANGGURAN, KETERLANTARAN, KETUNAAN SOSIAL, KORBAN BENCANA DAN MASALAH-MASALAH SOSIAL LAINNYA.
SAUDARA-SAUDARA PARA PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,
SEMANGAT KEPAHLAWANAN YANG DITUNJUKKAN PARA PAHLAWAN DAN PEJUANG DALAM PERTEMPURAN           10 NOPEMBER, HENDAKNYA DAPAT KITA HAYATI DAN MENJADI INSPIRASI SERTA SUMBER MOTIVASI DALAM MENGISI KEMERDEKAAN, DENGAN BERBAGAI PROGRAM PEMBANGUNAN UNTUK MEWUJUDKAN CITA-CITA KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA.
SELAIN ITU, PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2011 YANG MENGANGKAT TEMA "DENGAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN, KITA BANGUN KARAKTER BANGSA", KIRANYA JUGA DAPAT MENJADI MOMENTUM UNTUK TERUS MELESTARIKAN DAN MENDAYAGUNAKAN SIKAP DAN PERILAKU PARA PAHLAWAN KUSUMA BANGSA, SEPERTI RELA BERKORBAN, PANTANG MENYERAH, PERCAYA      PADA KEMAMPUAN DIRI SENDIRI,   TANPA PAMRIH, DENGAN DILANDASI KESETIAKAWANAN SOSIAL YANG TINGGI, YANG PADA DASARNYA MERUPAKAN NILAI BUDAYA BANGSA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA BERDASARKAN PANCASILA DALAM BINGKAI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.
MELALUI MOMENTUM PERINGATAN HARI PAHLAWAN, DIHARAPKAN DAPAT TERBANGUN KARAKTER BANGSA YANG KUAT DAN KOKOH UNTUK DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI ENERGI PENGGERAK KEMAJUAN BANGSA, SEHINGGA BANGSA INDONESIA TIDAK AKAN TEROMBANG-AMBING DAN KEHILANGAN ARAH DI TENGAH DERASNYA ARUS GLOBALISASI, SERTA DAPAT MENGHADAPI SEGALA TANTANGAN, BAIK YANG BERASAL DARI DALAM MAUPUN DARI LUAR.
UNTUK ITU, MARILAH KITA GELORAKAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN DENGAN DILANDASI NILAI-NILAI KESETIAKAWANAN SOSIAL YANG TINGGI, SERTA KITA RAPATKAN BARISAN MEMBANGUN NEGERI UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT, SEHINGGA BANGSA INDONESIA DAPAT MENJADI BANGSA BERMARTABAT YANG DAPAT BERDIRI SEJAJAR DENGAN NEGARA LAIN DI DUNIA, SERTA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DAPAT TERUS TERJAGA.
OLEH KARENA ITU, MARILAH KITA PERINGATI HARI PAHLAWAN DENGAN KHIDMAT DAN SEMARAK, DENGAN   LEBIH MENGEDEPANKAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN KEPADA MASYARAKAT KHUSUSNYA GENERASI MUDA,    DENGAN MELIBATKAN SEMUA UNSUR MASYARAKAT DAN KOMPONEN BANGSA.
DEMIKIAN, SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK DAN MEMBIMBING KITA UNTUK       DAPAT TERUS MEMBANGUN DAN MEMPERKOKOH KARAKTER BANGSA SERTA MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. SEKIAN DAN TERIMA KASIH.
WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.

JAKARTA, 10 NOPEMBER 2011

MENTERI SOSIAL
REPUBLIK INDONESIA

Ttd

Dr. SALIM SEGAF AL JUFRI, MA