Jumat, 25 November 2011

LPPM IPB Teliti UMKM di Indramayu

INDRAMAYU 25/11/2011 (www.humasindramayu.com) – Lembaga Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor melakukan penelitian Komoditi / Produk /Jenis Usaha (KPJu) Unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Indramayu. Penilitian ini dilakukan di 31 kecamatan yang ada di Indramayu sehingga muncul UMKM andalan dari masing-masing kecamatan.

 

Kepala LPPM IPB Gatot Yulianto MS mengatakan, penilitian ini sebagai upaya untuk menggali informasi sebanyak-banyak tentang UMKM sehingga informasi ini baik untuk pembinaan dan pengembangan serta focus dalam perumusan kebijakan dan program untuk pembinaan dan pengembangan UMKM tersebut.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengenal dan memahami mengenai profil daerah, profil UMKM, kebijakan pemerintah, dan peranan perbankan. Selain itu untuk memberikan informasi tentang komoditi atau produk unggulan yang perlu mendapat prioritas untuk dikembangkan disuatu kecamatan. Dan juga hal ini untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah dalam rangka pengembnagan pengemebangan UMKM.

 

Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Indramayu Drs. H. Wahidin, MM mengatakan, diharapkan dengan penelitian ini informasi mengenai data UMKM bisa dihasilkan dan bisa dimanfaatkan oleh semua pihak untuk mengembangkannya. Selain itu, penilitian ini juga diharapkan bisa untuk lebih mengenali potensi masing-masing dari setiap kecamatan. (deni/www.humasindramayu.com)