Calon Kades Deklarasi Pilkades Damai

INDRAMAYU 21/11/2011 (www.humasindramayu.com) - Tiga belas calon kepala desa dari enam  desa di Kecamatan Indramayu mengikuti deklarasi damai dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan digelar pada 7 Desember mendatang.

Deklarasi damai yang digelar di Aula Kecamatan Indramayu, Senin (21/11) dihadiri oleh calon kepala desa serta tim sukses masing-masing calon. Selain itu tampak hadir unsur muspika Kecamatan Indramayu.

Camat Indramayu Dudung Indra Ariska mengatakan, deklarasi damai calon kepala desa dalam pilkades mendatang, diharapkan dapat dijadikan pedoman dalam tahapan demokrasi."Setiap calon kepala desa serta tim sukses diharapkan mampu menjaga kondusifitas hingga pelaksanaan pilkades nanti,"katanya.

Dudung Indra juga menambahkan, calon kepala desa juga harus menghormati hasil pilkades nanti."Calon kepala desa harus siap menang dan kalah. Panitia lokal juga harus bersikap netral,"katanya.

Di Kecamatan Indramayu terdapat 6 desa yang akan digelar pilkades diantaranya desa Pekandangan Jaya, Desa Pekandangan, Desa Plumbon, Desa Pabean Udik, Desa Singaraja dan Desa Singajaya.

Di Desa Pekandangan Jaya diikuti oleh tiga calon kepala desa, Desa Pekandangan sebanyak empat calon kepala desa. Sementara itu Desa Plumbon dan Desa Singaraja sebanyak dua calon kepala desa, sedangkan Desa Pabean Udik dan Singajaya sebanyak satu calon."Calon kepala desa yang akan mengikuti pilkades, diharapkan dapat bertarung dengan fair dalam pilkades nanti,"katanya.

Deklarasi damai pilkades juga dilakukan sejumlah Kecamatan seperti Kecamatan Juntinyuat, Sindang, Balongan dan lanilla.

Sementara itu, Kapolsek kota Indramayu, AKP Juharini mengaku, pengamanan pilkades di Kecamatan Indramayu akan dibantu oleh TNI dari Koramil Indramayu serta pengamanan internal masing-masing desa."Pengamanan akan dilakukan secara bergilir ke sejumlah desa yang menggelar pilkades,"katanya.

AKP Juharini juga menambahkan, pengamanan PAM swakarsa oleh masyarakat juga akan membantu pengamanan pilkades."Masyarakat diharapkan juga ikut membantu menjaga kondusifitas agar pelaksanaan pilkades berjalan lancar,"katanya. Pengamanan pilkades di enam desa tersebut akan mulai dilakukan sejak masa kampanye hingga pasca pemungutan suara.

Di Kabupaten Indramayu terdapat 140 desayang akan menggelar pilkades secara serentak pada 7 Desember mendatang. (deni)


Lebih baru Lebih lama