Selasa, 20 September 2011

Aliansi Pita Putih Hadir di Indramayu

INDRAMAYU 20/9/2011 (www.humasindramayu.com) – Kepedulian masyarakat Indramayu untuk menekan laju angka kematian ibu dan bayi sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan lahirnya Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Kabupaten Indramayu. Selasa (20/9) pengurus APPI Kab. Indramayu periode 2011-2014 dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah di Pendopo setempat.

Masalah Kesehatan Ibu dan Bayi baru lahir merupakan hal yang sangat memprihatinkan sekaligus menjadi latar belakang dari lahirnya organisasi ini, sekitar 20.000 ibu di Indonesia meninggal setiap tahun disebabkan komplikasi karena kehamilan dan melahirkan, rata-rata setiap jam dua ibu yang meninggal serta 20 bayi meninggal setiap 1000 bayi yang dilahirkan.

Ketua APPI Pusat Dr. Sunitri Widodo mengatakan, dengan prinsip-prinsip organisasi yang bersifat independent, sosial kemasyarakatan, nirlaba, berdasarkan semangat kemitraan dan kerjasama, Aliansi ini diharapkan berfungsi sebagai wadah komunikasi, fasilitasi dan katalisasi bagi kegiatan lembaga organisasi, dan individu yang mempunyai kesadaran untuk peduli terhadap tingginya angka kematian ibu.

Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) adalah bagian dari aliansi global yang bernama White Ribbon Alliance (WRA) yang berpusat di Washington DC, yang diikuti oleh berbagai institusi di dunia. "White Ribbon atau Pita Putih sebagai lambang untuk mengenang semua perempuan yang meninggal karena kehamilan dan melahirkan, Pita Putih merupakan symbol kepedulian terhadap keselamatan ibu yang menyatukan individu, organisasi, dan masyarakat yang bekerjasama untuk mengupayakan kehamilan dan persalinan yang aman bagi setiap perempuan" kata Sunitri.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dalam sambutannya mengatakan, Indramayu tercatat sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) cukup tinggi. Pada tahun 2010, tercatat AKI sebanyak 56 orang dan AKB sebanyak 537 bayi.

 

"Oleh karena itu, selaku pimpinan daerah saya menyambut baik dan mendukung keberadaan APPI sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang peduli terhadap keselamatan ibu hamil dan melahirkan beserta bayinya. Saya juga mengharapkan agar APPI dapat menjadi mitra kerja pemerintah daerah dalam memecahkan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan AKI, AKB, PHBS, serta desa/kelurahan siaga aktif" katanya.

 

Bupati berharap APPI dapat melakukan langkah-langkah pertama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif pada upaya-upaya keselamatan ibu hamil, melahirkan, nifas, dan bayi baru lahir. Kedua membangun jejaring dengan sebanyak-banyaknya organisasi/ lembaga dan individu, di dalam dan di luar negeri yang peduli keselamatan ibu hamil, melahirkan, nifas, dan bayinya. Ketiga memfasilitasi kegiatan masyarakat/lembaga yang peduli akan keselamatan dan kesejahteraan ibu hamil, melahirkan, nifas, dan bayinya, dan keempat membangun budaya yang mengarah pada keselamatan dan kesejahteraan ibu hamil, melahirkan, nifas, dan bayinya.

 

Sementara itu pengurus yang APPI yang baru saja dilantik yaitu Hj. Cholida Dwiyatingrum (ketua), Dra. Hj. Lili Ulyati Suhaeli, MA (ketua I), Hj. Ida Nuraida, SST, SKM (ketua II), dan dr. Hj. Setiawati, MARS (ketua III). Kemudian Hj. Titi Supartini, SP (sekretaris umum), Drs. Edi Kusdiana, MM. MBA (sekretaris I), Ade Suharnani, SE (sekretaris II), Imam Hudaya, SH (bendahara umum), Sri Sukmawati, SE (bendahara I).

 

Sedangkan untuk bidang yaitu, Bidang Advokasi Dra. Hj. Nurhayati (ketua), Drs. Wawan Idris, M.Si (wakil ketua), sementara anggotanya yaitu Yadi Hidayat. SKM, MKM. Hj. Tanti Wulandari, S.Sos. dan Dra. Fatimah. Bidang KIE yaitu ketua dr. H. Arif Yusuf, M.Kes. wakil ketua dr. Barlian Ahmad, anggota Drs. H. Didi Junaedi, M.Si, Aman Efendi, M. Kes dan Drs. H. Eddy Wahyono, A.Kep.

 

Bidang Jejaring yaitu dr. H. M.Toha, M.Si (ketua), Drs. H. Karlim (wakil ketua), dan anggota Aam Aminah, M.Pd, Netty Rosnetty, SE., Hj. Dari Poerwati, dan Cicih Sukarsih, SST. Bidang Peningkatan Kapasitas yaitu dr. Ndaru Takaryanto (ketua), Toto Hadi Suharto, S.Pd (wakil ketua), dan anggota Hj. Lilis Riswati, Am.Keb, Diah Reski, S.Sos, MKM, dan drg. Lily Tantijati, M.Epid. dan Bidang RAPPI yaitu Dra. Lilik Muflicha (ketua), dr. Leli Triswilaeli (wakil ketua), dan anggota Arnike Canon, B.Sc, Drs. Atang Riko, M.Si, Binte Haryanto, A.Md, Juhari Fajri, drg. Nova R, dan Qurannisa, SH. (deni/www.humasindramayu.com)